Bunga Rampai Aceh

Selamat Datang Di "Bunga Rampai Aceh" Http://ChaerolRiezal.Blogspot.Com

7 Juni 2012

Kenapa Amerika Disebut Negara “Paman Sam?”


Amerika, julukan Amerika, Kenapa dijuluki negara Paman Sam. Ada yang kenal si Paman Sam? atau mungkin ada yang kenal sama Obama?a pa Paman Sam itu benar-benar ada? si Paman Sam itu sendiri punya sejarah panjang sampai benar-benar terkenal semerbak keseluruh dunia.

Begini Sejarahnya
Istilah “Paman Sam” itu sendiri cuma istilah iseng-isengan yang diucapkan para tentara amerika djaman doeloe,sekitar tahun 1812 waktu djaman perang sama inggris.Istilah itu datang dari si penjual daging dari New York namanya om Samuel Wilson. Jadi om Samuel waktu itu dikontrak sama pemerintah Amerika waktu itu untuk menyediakan daging kepada pasuka tentara Amerika. Nah si om Samuel ngirim dagingnya pake tong-tong kayu,yang mirip-mirip tong untuk anggur wine itu kemudian di tongnya diberi tulisan kode “U.S.”  (Unites States/Amerika Serikat) untuk menandai bahwa itu untuk tentara Amerika.
Tapi sampai di kem-kem prajurit, para tentara singkatan U.S. tadi diplesetin jadi “Uncle Sam” bukan “United States”.Sampai begitu populernya istilah Paman Sam waktu itu, jadi Amerika dijuluki negri Paman Sam.
Si Paman Sam juga biasanya dijadikan lambang atau simbol dari pemerintah Amerika. Paman Sam biasa digambarkan sebagai seorang pria tua yang tinggi dengan topi besar bermotifkan bendera Amerika Serikat (Stars and Stripes: Bintang dan Garis), baju tebal berwarna merah, putih dan biru, serta celana bergaris. Gaya ini diciptakan oleh kartunis Thomas Nast dan kini dikenal umum sebagai gambar sang Paman Sam. Pada masa Perang Dunia II, sebuah poster perekrutan tentara yang sangat terkenal diciptakan oleh seniman bernama James Montgomery Flagg pada 1917, dengan gambar Paman Sam menunjuk ke arah pengamat poster disertai tulisan “I WANT YOU!” (“Saya perlu kamu!”). Gambar ini telah ditiru dan diparodikan banyak kali sejak saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar